environment . education . experiences | but sometimes just random post. enjoy :)

Jumat, 30 Januari 2015

Esensi Kecantikan

Kali ini saya ingin "membicarakan" hal yang sudah umum disinggung. namun perlu digarisbawahi, bahwa ini adalah pendapat saya pribadi terlepas dari beberapa pengetahuan saya mengenai kecantikan. Jika ada yang ingin menambahkan, monggo di kolom komentar :)

Kecantikan adalah hal yang paling "didambakan" oleh kaum hawa. Banyak diantara kita menyibukkan diri dalam hal - hal berbau kecantikan fisik dengan tujuan bisa terlihat cantik. Jujur sebenarnya saya lumayan prihatin ketika melihat para wanita diluar sana lebih mengedepankan "kulit luar" dan mengesampingkan hal -hal yang lebih "esensial". Jika diibaratkan buah jeruk, kulit luar yang kita lihat sebelum makan, kemudian kita kupas selanjutnya kita buang. Brung! selesai! sementara itu, yang kita makan adalah daging buahnya. enak tidaknya, tergantung kita yang merasakan. karena kata "enak" menurut pendapat tiap orang berbeda.


Saya yang notabenenya tidak suka atau kurang peduli dengan alat - alat kecantikan (mantan tomboy yang mencoba feminim :p) mencoba mengidentifikasi kecantikan dalam kacamata saya.

"Duuh jerawaat, gimana niihh... merah - merah gini."
"Duuh lupa pake lipgloss, padahal agenda kuliah hari ini padet bet mana gabawa pula di tas."
"Duuh lupa belum beli foundation. udah malem pula. huft"
"Duuh maskara mana yaa maskara, ntar bulu mata gue kek sapi"
"Penampilan gue gimana ya? mau ke lapangan nih. idih makin bikin item aja tuh agenda."
"Aduuh cyiin, high heels lo kurang cetar plis deh"

Banyak sekali ketidak-percayaan-diri seorang perempuan mengenai kecantikan dirinya. Dan, ketidakpercayaan itulah yang menyebabkan buah - buah ketidaksyukuran.

Dengan bersyukur dengan apa yang kita miliki, kita menjadi bahagia. Menjadi perempuan, penting baginya untuk mempercantik hati. kecantikan luar juga penting. semisal melakukan perawatan wajah dengaan masker madu dan lain sebagainya sebagai bentuk syukur kita kepada Tuhan atas apa yang kita miliki dengan cara tadi, merawatnya. Namun yang perlu digarisbawahi adalah : Kecantikan adalah bagaimana kita Bersyukur atas apa yang kita punya.

Kita tidak boleh menggantungkan kepercayaan diri kita diluar hal - hal diri kita. seperti misalnya foundation, bedak, maskara, dan lain sebagainya. Bukankah esesnsi dari kepercayaan diri adalah rasa syukur terhadap apa yang ada dalam diri kita? kepercayaan diri tentunya dapat memancarkan Inner Beauty. mensyukuri eksistensi dengan segenap kelebihan dan kekurangan diri.

Penting bagi kita memiliki Inner Beauty atau kecantikan dalam diri yang memancar keluar. walaupun "Beautiful Things Do Not Ask Attention", namun bukankah Inner Beauty akan membuat orang lain mengalihkan perhatiannya? 

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana Inner Beauty itu.
Jika teman - teman cari di mbah google, akan banyak sekali definisi - definisi dan hal - hal terkait Inner Beauty. Namun dalan tulisan saya kali ini (seperti yang saya katakan tadi) akan membahasnya menurut Kacamata Pribadi saya.

Bagi saya, Kecantikan dari dalam diri adalah bagaimana kita berfikir positif terhadap berbagai hal dalam kehidupan kita. Bersyukur atas apa yang kita miliki. Terlepas kita sebagai wanita yang memiliki mimpi - mimpi, kita wajib berusaha - dengan - sepenuh hati, berketuhanan, dan menerima apapun yang digariskan Tuhan. Karena ada akibat pasti ada sebab. Kecantikan dalam diri adalah bagaimana kita menumbuhkan karakter positif, mengembangkan diri, hati, dan pribadi. Bagaimana kita menjalin pertemanan dan relasi

Semua tidak terlepas dari yang namanya "Manajemen Hati" kan?

Nabi Muhammad pernah bersabda :
“Ingatlah bahwa sesungguhnya di dalam tubuh anak Adam itu ada segumpal daging. Apabila baik itu segumpal daging, maka baiklah seluruh amalannya. Dan apabila jelek itu segumpal daging, maka jeleklah seluruh amalannya. Ingatkan bahwa segumpal daging itu adalah kalbu (hati).”

Jadi, demikianlah esensi kecantikan menurut kacamata seorang remaja (yang menuju dewasa) yang masih terus berproses untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Persembahan untuk Perempuan - perempuan Indonesia yang Luar Biasa!

1 komentar:

  1. Toko Mesin · Jual Mesin · Susu Listrik · Portal Belanja Mesin Makanan, Pertanian, Peternakan & UKM · CP 0852-576-888-55 / 0856-0828-5927

    BalasHapus