environment . education . experiences | but sometimes just random post. enjoy :)

Kamis, 12 Februari 2015

Perjalanan Empat Negara #2

"Jalan"...

HAAIII JALAN LUAS TERBENTANG DISANA!!!!
wkwk entah kenapa saya bersemangat menuliskan ini (pukul 18.13). okelah, setelah kami dari Thailand, kami melanjutkan perjalanan ke....

#MYANMAR
Inti dari kegiatan kami : Asia - Pasific Chemical, Biological, and Environmental Society Conferences.
International Conference on Food and Environmental Sciences (ICFES 2015). Dan alhamdulillah (sangaaatt). paper kami di publish di International Journal of Environmental Sciences and Development :))


konferensi ini dilaksanakan pada tanggal 8 -9 Februari 2015 di Grand United Hotel, Ahlone - Yangon, Myanmar. oiya, Myanmar memiliki 2 ibukota. Naypyidaw (juga dibaca Nay Pyi Taw) adalah ibukota nasional Myanmar yang sekarang, berlokasi di Desa Kyatpyae, Kota Pyinmana, Propinsi Mandalay. sebagai ibukota pusat pemerintahan. dan Yangon yang terletak di downtown area sebagai ibukota ekonomi / pusat perekonomian. Ibukota Myanmar jaman doeloe kala adalah Bagan. disana terdapat banyak sekali situs - situs arkeologi terutama peninggalan agama Budha.mata uang Myanmar adalah "kyats" dibaca "cat" ditulis "ks". 100 kyats setara dengan Rp.1000;
akan banyak cerita yang kami alami selama 3 hari disini *jengjeeenggg... (*ngelanjutin nulis lagi pukul 22.40)

++cari penginapan++
Penginapan di Myanmar itu mahal cuuyyy!! kami mendapat sebuah penginapan atau lebih tepatnya hostel di kawasan Chinatown (kalo di Indonesia ya anggap aja kayak pinggiran sungai Code / Ciliwung ._.v) seharga 150rb per malem. dan itu bentuknya kayak dorm gitu. dalam tiga malem, kami mendapat 4 kenalan dormmate berbeda, dua dari Jepang, 1 dari Malaysia, dan 1 dari Prancis. 
wifi disana ngg.... mungkin kencengan di audit merapi kali ya hahahaha *ketauan sering nyolong wifi* dan, hotel kayak yang pas di conference itu harga per malem adalah $75! itu sih katanya hotel bintang 5 disana. tapiii masih bagusan Marbella Suites pooollll!! dan kalo dibandingin dengan hotel bintang 3 di Yogya, nampaknya prefer di Yogya daripada di Myanmar *not recommended buat bulan madu ya* 

kawasan street 9 Chinatown
bentuk perumahan disana emang vertikal. penduduk dikawasan ini rata2 adalah bermatapencaharian sebagai pedagang.
dan yang kurang bikin nyaman disana adalah sistem irigasi. akan banyak ditemukan sampah - sampah dan hmm... kotoran anjing hehe. 

++transportasi++
dari segi inilah saya menaruh perhatian lebih pada negara ini. transportasi disini sangat teratur. kita tidak akan menjumpai motor berkeliaran. melainkan kendaraan umum dan pejalan kaki. sehingga tidak ada yang namanya kemacetan. suasana jalan yang sepi ditambah dengan kondisi atmosfer Myanmar yang bisa dibilang antara tropis-subtropis mengakibatkan saat - saat bulan seperti ini udaranya sangat berdebu. daun - daun gugur ditemukan hampir disepanjang jalan. dan akibat debu ini, produksi upil akan meningkat *abaikan masalah upil*.
di persimpangan jalan Bago
++Makan++
Subhanallah banget ya bagi yang hidup di negara yang mayoritas muslim. disini semua serba "pork-pork" wkwkwkwk. susaah sekali nemuin makanan yang halal. hingga pada akhirnya setelah registrasi tanggal 8 kami mampir ke "central food *katanya" dan membeli mie kuah. ampun rasanyaaa.. seberantakan apapun saya memasak, mie ini... *ah yasudahlah, lapar. sudah dimakan aja.


... kisah selanjutnya mengenai conference, perjuangan mendapatkannya, apapun hal didalamnya, kenalan - kenalan cakepnya *weiseh, jalan - jalannya, dan lain - lain, akan di lanjutkan besok. 
karena penulis merasa sangat ngantuk, jadi say "bye!" (pukul 23.00)
masih ada part 3 dan part 4. 

bonus foto nih :p







0 komentar:

Posting Komentar