environment . education . experiences | but sometimes just random post. enjoy :)

Jumat, 13 Februari 2015

Perjalanan Empat Negara #3

Walopun cuma sejenak, yang namanya perjalanan tetap perjalanan lah yaaa :3 wkwkwkkw

oke.. Melanjutkan yang kemaren, mengenai kegiatan inti kami. Conference.

karena banyaknya request temen - temen yang ingin diceritain, jadi saya blog-kan saja. kan ga cuma temen - temen dekat saja yang tau, semoga bisa memberi manfaat bagi pembaca,

#CONFERENCE#
Salah satu alasan pergi keluar negeri dengan bau akademik wqwqwq hahahao


Bagaimana awalnya?
awalnya adalah... kami mencari - cari info mengenai conference, selanjutnya berdasarkan tema yang diambil, kami membuat paper. paper kami merupakan kategori environmental assessment. untuk selanjutnya menunggu acceptance dari pihak penyelenggara conference. setelah diterima, kemudian melengkapi persyaratan seperti data diri, pembayaran dsb untuk mengikuti acara conference nya.

Bayar gak?
"Tidak ada yang gratis."
mulai dari proses kami yang entah survey ke Wonosobo, uang transport, makan, akomodasi, registrasi paper dll... itu adalah biaya pribadi disamping kami mengajukan proposal. nah, proposal ini nih yang cukup membantu. alhamdulillah, fakultas dan universitas kami berbaik hati membagi dana untuk kegiatan - kegiatan seperti ini. namun salah satu tips nya jika ingin mengajukan proposal adalah : jangan mengajukan pada saat waktu tutup tahun. karena dulu saat pengumuman adalah akhir desember dan januari kami registrasi disamping liburan, maka dana dari kampus cukup sulit didapatkan. terlepas dari itu, jika pada bulan bulan non tutup tahun insya Allah dananya cair.
dari pusat studi lingkungan hidup UGM juga bisa, karena paper kami memiliki keterkaitan. kemudian pengajuan proposal juga dapat dilakukan ke pihak yang kiranya terkait dngan tema paper dan conference nya. saran : ploting dana lebihkan karena tidak semua proposal tembus. wkwk. tapi jangan korup juga.

Apa sih untungnya ikut conference?
banyak! Jika teman - teman hobby riset *ciee*, maka conference ini adalah ajang untuk mempublikasikan riset kita. kita juga bakalan ketemu dengan temen - temen dari luar negeri, profesor - profesor kece dll.
apa sih untungnya kita meriset - riset gitu? saya kutip dari Mas Mega Dharma Putra, Mapres FGE 2014. jika dikerucutkan, akan ada 4 keuntungan kita mengikuti kegiatan - kegiatan riset. antara lain : Skripsi, Relasi, Aplikasi, Kompetisi.
Di conference kita juga akan mendapat pengalaman baru tentunya. berbagi ilmu pengetahuan dengan banyak orang, serta masih banyaaak lagi keuntungan - keuntungan lainnya.
kalau saya boleh mengerucutkan keuntungan yang saya rasakan adalah : relasi. relasi kita akan bertambah. kita akan memiliki kenalan - kenalan researcher kece dari berbagai belahan bumi *cielah*. dengan demikian, kita memiliki link pengetahuan semakin luas lagi. tentunya, kita akan semakin cinta dengan negara kita karena termotivasi dari iptek temen - temen luar negeri yang... mmm.. "oh ini loh, harusnya Indonesia bisa seperti ini bahakn lebih."

***
lanjut ya ceritanya

Jadi, kami baru merasakan "wah" itu ketika hari H conference nya. disana rata - rata adalah PhD Candidate yang ingin mempresentasikan karyanya. banyak sekali keilmuan baru yang kami dapatkan, seperti misalnya dari Portugal yang mempresentasikan mengenai pengaruh sosiokultur bangunan terhadap lingkungan, dan lain sebagainya. oiya, kami author(s) termuda loh di IJESD :3dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami bertiga selaku delegasi satu - satu nya dari Indonesia. hehe

Adit lagi presentasi paper

with prof dari portugal dan jepang

selfie dolooo wkwk

another selfie(s)
btw orang sana gatau tongsis looh :v wqwq

seragam delegasi kami. cantik kaan :3
conference di akhiri dengan gala dinner
di gala dinner ini, kita yang muslim diberi menu sendiri. yakni sup sayur, jamur kancing tumis, dan jus jeruk. hehe.

***
Jalan - jalan on 9th February 2015

kami berjalan kaki berkilo - kilo meter, mengelilingi Yangon. dimulai dari 9 street menuju ke Pagoda Sule dan Monumen. diakhiri di Bogyoke Market. Pasar yang besar isinya lengkap, tapi banyakan souvenir, baju - baju, karya seni... oiya, bagi pecinta batu mulia, disana recommended bangeet!!! ada amethyst dan banyak jade, ruby, saphire. aaahh pokoknya bikin saya ngiler daah wkwkw 
 jalan - jalan - jalan - berkilo - kilo meter. ini dokumenatasinya :
Sule Pagoda

narsis boleh yaa wkwk. sama Winda

selfie(s) edition hahaa

niatnya mau syahr*n* KW gituu wwkwk


monumen dekat sule pagoda


***
masih ada part 4 :))







0 komentar:

Posting Komentar