environment . education . experiences | but sometimes just random post. enjoy :)

Rabu, 15 Juli 2015

Aku Ingin Menjadi Peta Mu

Aku ingin lama jadi peta mu. -- Uyun C. Aziza

Sebelumnya, selamat berpuasa *telat sekali* insyaAllah h-2 lebaran kan ya. Hihi. Setelah lamaaa sekali saya tidak mencorat coret blog ini, entah kenapa siang ini ketiban wangsit alias kepingin nulis.

Tenang, kali ini saya gak akan berlagak belagu jadi mentor yang menjelaskan tentang konsep peta, cara pembuatan, penggunaan peta, dan lalalanya. Tapi ingin menganalogi secara konseptual mengenai peta. Dalam hal ini, hubungan horizontal secara tidak langsung dikatakan oleh judul diatas. Terimakasih Mbak Uyun jadi inspirasi buat nulis. Hehe. Tapi mungkin arti dari quote diatas berbeda dengan yang saya artikan.

Kaay, "aku ingin menjadi peta mu".
Selama ini kita mengenal peta sebagai penunjuk jalan supaya tidak tersesat kan? Atau sebagai media informasi mengenai hal - hal tertentu. Banyak sekali kegunaan dari peta, mulai dari anak Tk yang menggunakannya untuk melakukan outdoor penjelajahan kecil - kecilan, anak pramuka, geograf *wkwk*, pengemudi, sampai pejabat negara yang menggunakan untuk mengetahui informasi tapal batas wilayah negara *wesyeh*. Peta juga memiliki ciri khas masing - masing. Misal peta tematik tentunya berbeda ciri khas dengan peta umum. Peta geologi memiliki ciri yang berneda pula dengan peta geomorfologi.

Begitu pula apa yang kita sebut teman. Mereka memiliki ciri khas yang berbeda, masing - masing pribadi yang tak serupa, tapi apa yang kita sebut "teman" itulah yang membersamai kita, saling mengingatkan kebaikan dan bersama menjauhi keburukan. Teman laksana peta, banyak sekali hal - hal yang mereka berikan kepada kita. Senyum membahagiakan, canda penggores tawa, atau mungkin kesedihan yang memberi hikmah dan pelajaran. Setiap orang didunia ini pasti punya yang namanya teman. Entah dalam bentuk apapun.

Peta yang baik, tentu tidak akan menyesatkan penggunanya, begitupun dengan teman yang baik. Namun demikian, tergantung dari si pengguna juga, kalau misalkan peta digunakan untuk kebaikan, niscaya niatan kebaikan akan dibalas dengan kebaikan pula.

Apa yang kita sebut sebagai teman, itulah salah satu hal berharga yang kita punya. Maka dari itu, jangan sia - siakan orang yang bersedia menjadi peta mu, bersama menuntun dan memberikan info untuk mencapai tujuan.

Aku ingin menjadi peta mu. Boleh kan? :)

0 komentar:

Posting Komentar