environment . education . experiences | but sometimes just random post. enjoy :)

Sabtu, 23 Januari 2016

Just BHAY 3rd Semester : Sepenggal Suka Duka dan Hal - Hal Gila

KHS Full, registrasi oke : Welcoming 4th Semester with New Challenges and also New Opportunities

Rasanya tidak afdhol kalau saya tidak menuliskan "secercah tetekbengek semsester 3" dan "segenap ke-embuh-annya", wkwkwk
Sempat diberi peringatan oleh beberapa kakak tingkat : "Hidupmu di geografi akan dimulai di semester 3,Nak!" well, pertama pasti deg - deg an, bakal kayak apa ya semester 3? bisa melaluinya dengan kondisi hidup - hidup ga ya? Ahihihi
Bayangan yang "enggak - enggak" tentang semester 3 mencuat begitu saja, belum lagi membayangkan adanya 5 praktikum atau 6 praktikum yang cukup membuat "kantong mata sebagai investasi masa depan" hahaha *lay oke, adanya berbagai macam rutinitas organisasi yang harus dipenuhi, pemahaan materi (teori) dalam kuliah, dan pertemanan tentunya.

Alhamdulillah... Semester 3 telah terlewati

Dan, saya merasa.... Ada banyak sekali yang bisa saya jadikan hikmah di semester 3, disamping keberhasilan saya memanajemen waktu kali ini, secara tidak langsung telah mengajarkan saya untuk sinkronisasi baik akademik maupun non akademik. Tapi, ada juga hal yang membuat saya acak - acakan : manajemen hati dan pertemanan, akan saya tuliskan nanti mengenai ini, tapi secara tidak langsung. Hihi

Jika normalnya semester 3 teman2 mengambil 23/24 SKS, saya hanya mengambil 21 SKS. Ini berdasarkan nasehat dosen pembimbing akademik saya, Prof.Junun, dan saya sendiri, dimana saya (saat ini) memiliki amanah di 5 organisasi dan beberapa kepanitiaan, sehingga pertimbangan 21 SKS kami rasa cukup untuk bisa maksimal baik akademik maupun non akademik. Rincian 21 SKS ini, saya mengambil 5 praktikum dengan 1 praktikum blok mata kuliah yang sifatnya pilihan, sebut saja Kualitas Air (water quality). Sebenarnya, masih terdapat 2 mata kuliah wajib dan 1 praktikum wajib yang belum saya ambil di semester 3, yakni Geografi Regional, Pendidikan Agama dan Praktikum Geografi Regional. 

Dengan 21 SKS, ke-5 organisasi saya bisa masih tetap berjalan : PIG EGSA, Sekretaris GSC, Litbang YFCC, kabid keilmuan dan media IMM Rizmi, dan GIE. Walaupun, di YFCC saya jarang terlihat (tapi percayalah, miskom ini akibat WA saya yang ga aktiif gara2 tablet terbelah jadi 2 -___-"). Disamping itu, saya masih bisa mengikuti kompetisi dan kegiatan ke-volunteer-an, walaupun, mungkin dibeberapa kepanitiaan, saya jarang ikut rapat hehe. Jangan ditiru.

Semester 3 ini saya bertemu dengan banyak orang, kenalan baru dari "luar" seperti teman2 dari GIE, IMM maupun IYD (Indonesian Youth Dream, saya pernah jadi volunteer bagian event and creative dan outbound inisiator disana). Darisana, relasi saya bertambah, tentunya. Dan wawasan jadi semakin luas, bertemu dengan banyak orang, dari berbagai macam latar belakang dan karkternya... Hmmm. sangaaat menarik.

Dukanya, untuk bisa mengimbangi itu semua, saya harus rela sering begadang, bahkan, ada beberapa hal yang diluar batas manajemen hati dan emosi saya, saya menyakiti beberapa orang. Hubungan pertemanan saya dengan satu orang menjadi tidak harmonis. Itulah mengapa, saya cukup merasa gagal dalam memanajemen pertemanan di waktu ini dan kemarin. Tapi dengan demikian, saya bisa belajar banyak hal. Terutama : Penerimaan. Ya begitulah, no pain no gain, intan itu bisa terbentuk kan akibat panas dan tekanan yang besar, ibaratnya ya kayak gitu. Dilain sisi, saya memiliki jaringan yang lebih luas, yaaa walaupun bukan pertemanan skala dekat, tapi dengan jaringan yang luas ini, kami dapat melakukan hal - hal baru yang lebih berguna, seperti project penelitian, pengabdian pada masyarakat, bercocok tanam dan masih banyak lagi hal - hal disela sela kesibukan yang kami lakukan. 

Mengerjakan laprak H-sekian jam, tugas H-sekian menit, Ujian baru belajar H-sekian jam, Tidur di Circle K gara - gara pulang melebihi jam malam kos, jadi buronan petugas perpustakaan dan dosen, masih aja jomblo, dan banyaaak sekali hal - hal gila selama semester 3 ini. Hahaha. ga lucu sih, tapi yaudah lah yaa.

Namun Jujur, saya menjalani semester 3 ini dengan "yaudah deh", syaratnya : "totalitas tanpa batas". walaupun, ada beberapa hal yang saya tidak bisa total di dalamnya (bukan skala akademik). Menjalani kehidupan semester 3 dengan penuh warna, karena kalo ga dicampur, warnanya bakal itu - itu aja. Hahahaah. 

Menjelang semester 4, yang katanya "puncak - puncak"nya di geografi. Awali saja dengan doa. Usaha ada di dalamnya, dan syukur harus selali menyertai tiap langkahnya. Semoga!

0 komentar:

Posting Komentar