environment . education . experiences | but sometimes just random post. enjoy :)

Sabtu, 06 Februari 2016

Aku Jatuh Cinta!

~ Dering telpon ku membuatku tersenyum di pagi hari ~~

Pagi itu aku bangun, ya seperti biasanya. Bangun tidur, lempar selimut, Omaigaaattt jam 7!! Selepas subuh tidur lagi, jadi jangan tidur sehabis subuh. Itu akan membuat otakmu lambat memproses sesuatu. Serius ._.v. Tidak lama kemudian aku langsung mandi, setelahnya membuat teh hangat dan sarapan dengan roti. Jam 8.00 nanti ada janji dengan salah satu orang yang ku segani, di dunia perkuliahan ini, aku menyebut beliau "Papah" : orang yang paling peduli dengan kehidupan kampus dan akademikku. Sebut saja Dosen Pembimbing Akademik (DPA), hari itu aku ada acara untuk penandatanganan KRS offline, karena sebelumnya sudah mengkomunikasikan mengenai KRS Online via email dengan beliau yang saat itu sedang tidak berada di Indonesia.

Berhubung tanggal 5 adalah hari terakhir KRS online, aku pikir, pilihanku sudah mantap dengan mata kuliah - mata kuliah yang aku pilih. Ternyata berubah!

"Sains informasi geografi itu sangat dibutuhkan untuk standar kompetisi geograf, mbak. Apapun ilmu minornya, mumpung kamu masih S-1, sangat dianjurkan untuk menguasai GIS."

Aku hanya manggut - manggut. Berfikir sejenak. Lalu mendengarkan beliau bercerita panjang lebar mengenai kehidupan perkuliahan beliau dan strategi penanganan berbagai masalah ataupun urusan belajar.

"jadilah yang berbeda, belajarlah disaat orang lain tidak belajar. Melek lah disaat orang lain tidak melek."

"Jangan pernah membenci orang lain, orang mungkin bisa berprasangka terhadap kita, tapi kita jangan sampai berprasangka buruk dengan orang lain apalagi sampai membencinya."

dan masih banyak lagi petuah - petuah beliau yang disampaikan kepadaku. Hingga pada menit yang entah keberapa, aku menyampaikan bahwa aku ingin belajar geohidrologi.

"Seberapa kuat konsep dasar geomorfologi, geologi umum, mineralogi petrografi dan geologi struktur mu mbak?"

"Saya cukup memiliki basic dan dasar di mata kuliah tersebut, Pak." sambil menyodorkan kertas transkrip nilai alias riwayat akademik yang entah menjijikkan ataupun menyenangkan.

"Apa saja buku dan referensi yang pernah kamu baca?"
"@@#$%^*&#@@$%&*(*............."

"Hmm.. Apa yang membuatmu sedemikian tertarik dengan geohidrologi?"
"Beberapa ketertarikan penelitian saya ada di bidang geohidrologi, kualitas air, degradasi lingkungan dan urban studies, Pak. Kadang saya gabung dengan beberapa teman dari fakultas lain, Untuk yang geohidrologi masih direncanakan."

"Kamu punya relasi dengan disiplin keilmuan geosains yang lain"
"Saya memiliki banyak relasi tersebar di Geologi UGM, FITB ITB, Geofisika dan geomatika ITS, Geologi Undip dan lain - lain, Pak."

"Seringlah kemari. Mbak. Kita akan banyak mengobrol."

Aku hanya menganggukkan kepala.

"Saya punya banyak buku, kamu mau yang mana?" Tanya beliau.

Mataku berkaca - kaca.
Aku tidak bisa mengambil mata kuliah geohidrologi di perkuliahan S-1 ini, tapi semoga bisa belajar esensinya. Menurutku, banyak yang bisa mendapatkan nilai yang bagus, tapi pemahaman hanya di kulit luar saja. Itu yang juga harus dihindari, Hingga kami membicarakan panjang lebar mengenai mahasiswa - mahasiswa di fakultas, in English version.

"I feel lucky, I have student like you."

Bapak, saya jatuh cinta dengan keilmuan ini, Pak. Saya mau belajar!
Rupanya aku sudah menemukan cintaku disini. Aku ingin belajar, jika sudah saatnya, aku mau mengajar.

"Belajar itu proses menemukan kebenaran, dalam prosesnya, akan kamu jumpai kesalahan ataupun kebenaran pula. Nikmatilah, setialah berprasangka baik. Temukan hikmah dari segala hal yang kamu temui."

Untuk rekan - rekan seperjuanganku, Selamat menghebat, wahai calon - calon "dokter bumi"!
Kita akan berproses bersama :)


Salam penuh cinta, dari orang yang dilanda jatuh cinta, setelah PDKT dari kelas 2 SMP. Akhirnya menemukan titik terang.


Mari belajar dengan penuh cinta :)

0 komentar:

Posting Komentar