environment . education . experiences | but sometimes just random post. enjoy :)

Jumat, 15 April 2016

Catatan Perjalanan : Permulaan, International Conference on Environmental and Occupational Health 2016

The 2nd International Conference on Environmental and Occupational Health 2016
---
"Mbak Fut, malam ini deadline abstract submission ICEOH" - SMS dari Sani melayang pukul 18.00 WIB pada tanggal 6 Januari 2016

Glrrrr... Hssshhh..
"ICEOH yang mana San?"
"Yang di MY itu.. yang tentang lingkungan dan kesehatan."

Matiiiii!!! Data belum diolaah!!

"San, mau lembur di kosku apa di kosmu? kalo di kos ku, kamu nginep nanti 25ribumu melayang. Hm, yaudah di kos mu aja gimana? WiFi kenceng ga?"
"Yaudah yuk mbak di kos ku aja..."
"Irfani diajak sekalian"
Beberapa lama kemudian, Si Grandong (re : Irfani) muncul didepan pintu dan membawa bantal zebranya.

Kamar berukuran + / - 3 x 3 itu menjadi saksi 3 manusia kalong yang lembur hingga pukul 1 dini hari, karena deadlinnya adalah jam 12 GMT +8. Hahahaha. Sementara itu, Satu anggota tim kami yang lain adalah Priyambudi Hari (re : Hari) kami hanya berdiskusi via online karena ya terpisah tempat tinggal (yakali dia ikutan lembur di kosan Sani).

Kami membawa tema geografi, kali ini ilmu lingkungan yang merambah ke keilmuan toksikologi. Why? Ya karena geografi itu pendekatan keilmuannya kompleks kan? Berarti memungkinkan lah untuk disinergikan dengan keilmuan lain, baik kimia murni, maupun kesehatan (lingkup toksikologi). Pstt.. jangan bilang ini karena pelampiasanku yang 'batal' mengambil prodi KU hasil jalur PBU (Penelusuran Bibit Unggul) UGM 2014 kemaren dan lebih memilih prodi GEL hasil dari jalur SNMPTN. Hahahaah -______-"

Data yang sudah ada merupakan data temporal dari September 2015 - Desember 2015, yakni data kualitas air Embung Tambakboyo yang terletak di Ds. Condongcatur, Sleman. Kami mengkomparasikannya dengan cara olah data secara statistik untuk dilihat kecenderungan data dan akumulasi nilai benarnya. Sehingga, berdasarkan "pemikiran" koplaks kami, kami hanya menggunakan DO (Dissolved Oxygen) untuk keperluan penelitian kami. Mengapa DO? DO adalah salah satu indikator terhadap pencemaran di suatu perairan, nah si DO ini juga akan mengambil peran penting, doi menentukan apakah biota dan mikroorganisme dapat hidup baik di perairan itu ataukah tidak.

Kemudian, si DO ini kami analisis secara keruangan dengan bantuan participatory random sampling dan citra satelit, barulah kami menarik kesimpulan hasil dari analisis keterkaitan penggunaan lahan terhadap DO di Embung Tambakboyo. Sederhana, kan? hihi, tapi detil.
salah satu view embung Tambakboyo

Nah, masalah yang dihadapi malam itu sebenernya adalah : malam dalam minggu ujian akhir semester 3. Besoknya mineralogi dan petrografi. Its okay, akhirnya kami terdampar menyebar, ada yang di kasur, ada yang di kursi, dan ada yang di lantai. sementara itu, translator kami (re : Hari) menunggui hingga selesai submit. Dia terus memantau kami via line. setelah tidak ada respon, akirnya dia tidur juga (katanya) wwkkwk.

Beberapa waktu kemudian, sekitar 1 Februari 2016, abstract kami dinyatakan lolos dan disuruh untuk submit full paper. Walhasil, kami melakukan tinjauan ulang selama 3 kali di lokasi (Embung) untuk memastikan data, mengkorelasikan, menananananina kan, dsb dsb. Kami menyadari bahwa kami masih pemula, oleh sebab itu, literatur sangat kami butuhkan. Kami mencari berbagai macam jurnal, buku, maupun artikel ilmiah (yang umumnya berbahasa asing) sampe mabok -_-" dan Voila! jadilah full paper kami ^_^ dan beberapa minggu setelah itu, dag dig dug hatikuu.. saat ku berkenalan denganmu~ *abaikan, cuma syair lagu*, terdapat email masuk bahwa paper kami lolos dan berhak untuk dipresentasikan dalam kegiatan The International Conference on Environmental and Occupational Health 2016. ICEOH merupakan suatu konferensi yang diadakan oleh Kementerian Kesihatan dan Keselamatan Kerja Malaysia bekerjasama dengan Department of Environmental Health, Faculty of Medicine, Universiti Putra Malaysia (UPM). Member dari ICEOH ini tergabung dalam Environmental and Occupational Health Society. Acaranya berlangsung pada 11 - 13 April di Hotel Marriot Putrajaya, Malaysia.

Oiya, Cerita ini akan ada lanjutannya :) Ditunggu saja part 2 nya ^^

Kami juga ingin berterima kasih kepada Dr. Margaretha Widyastuti, MT dan Prof.Dr. Sudarmadji, M.Eng yang telah membimbing, memberikan kritik dan saran. Tidak lupa untuk Laboratorium Kualitas Air dan Klimatologi Lingkungan yang sudah banyak membantu kami dalam memperoleh data dan menganalisis data, Warga sekitar Embung Tambakboyo yang terlibat dalam participatory research dan lain - lain yang mendukung "terciptanya" paper kami ^^

Selamat pagi! Hv a nice day :)

0 komentar:

Posting Komentar