environment . education . experiences | but sometimes just random post. enjoy :)

Senin, 01 Agustus 2016

Catatan Perjalanan : International Conference on Environmental and Occupational Health 2016 (Part 2)

International Conference on Environmental and Occupational Health 2016 merupakan sebuah konferensi berskala internasional dengan berbagai disiplin (ketertarikan) bidang ilmu, namun di konferensi ini fokus membahas tentang lingkungan dan keselamatan kerja. Meskipun topik utama kami bukan tentang itu (yaa mepet - mepet lah haha), kami tergabung dalam "unit chamber" soil and water pollution, karena dalam paper kami, kami mengkaji tentang hubungan DO dengan penggunaan lahan, yang ternyata hasilnya menunjukkan ada suatu linearitas namun tidak signifikan.

Kami berangkat dari Adi Sutjipto International Airport menuju Kuala Lumpur International Airport (KLIA), perjalanan sekitar 2 jam - 3 jam. Saat itu kondisi cuacanya agak nggak baik sih, beberapa kali pesawat yang membawa kami terkena goncangan, tapi no problem. Alhamdulillah. Setelah sampai di KLIA, kami segera mencari toko / konter yang menjual kartu perdana untuk paket internet yang bisa kami gunakan selama 3 hari di Malaysia. Harganya berkisar Rp.60ribu. Oiya, bagi temen2 yang hendak menukarkan uang ke beberapa negara tujuan (US, UK, SG, MY, TH, JP) bisa menukarkannya ke BPU "Mulia" alamatnya di depan Hotel Inna Garuda Jl.Malioboro, tepat di sebelah kanan dari pintu masuk Inna Garuda. Proses nya cepat kok, dan tentu aman.

Kami langsung menuju ke hotel yang sudah kami booking sebelumnya melalui Agoda, di KL, jadi, untuk menuju kesana, kami menggunakan bus, Transportation Hub KLIA2 - KL Sentral, tapi bus itu tidak bisa langsung sampai tempat tujuan, jadi dari KL Sentral kami harus menggunakan kereta monorel untuk sampai ke tempat kami. Penggunaan monorel terbukti cepat dan ampuh tanpa kemacetan, dengan jadwal tertib sedemikian rupa, monorel dapat menjadi solusi alternatif permasalahan transportasi perkotaan. Sistem yang digunakan untuk pembayarannya juga menarik, kita hanya perlu menginput data stasiun awal dan stsiun tujuan setelah itu membayar berdasarkan harga yang sudah ditentukan. Untuk memasuki kawasan monorel (setelah pembayaran). kita akan mendapat koin untuk membuka "pintu" dan bisa memasuki kereta, setelah sampai di tempat tujuan dan hendak keluar dari stasiun, kita memasukkan kembali koin tersebut. Yap! No kertas, gaada yang dibuang - buang. Ini poinnya.

Sesampainya di hotel pada pukul 14.00 kami segera beres2 dan bersiap untuk... JALAN - JALAN! Hahaha. Ya niatnya mengunjungi Petronas Towers (Twin Towers), kesananya dengan jalan kaki, niatnya cari jalan kucing gitu tapi ternyata jauh, akhirnya kami menaiki monorel (lagi). Petronas Towers, biasa aja sih (menurut saya), seperti hanya pusat perbelanjaan dan juga "kantor" beberapa pengusaha dan beberapa antek - anteknya. Hanya saja, gedung yang menjulang tinggi dan terang ini menjadi ikon bagi Malaysia. Di sekitarnya banyak bangunan tua yang sampai sekarang masih difugsikan sebagai bank atau rumah makan. Tidak jauh dari sana terdapat makanan murah (ya ibarat kayak malioboro gitu, dibilang murah karena disini bervariasi harganya, bisa pilih - pilih). Karena sudah lama sekitar 4 bulan yang lalu, saya lupa dokumentasinya saya taroh mana, biasalah B, Berantakaaan mwaahaha

Berpose ala - ala di depan Twin Towers

belakangnya ada bank, salah foto

Oiya, disana kami menjumpai "pasar malam" ketika pulang menuju hotel, bukan pasar malam kayak hiburan di ina ya, tapi sebuah pasar tradisional yang aktif di malam hari.

walhasil sekitar pukul 23.00 waktu setempat kami kembali ke hotel dan harus menyiapkan segala sesuatunya untuk presentasi besok di Putrajaya. Putrajaya merupakan kawasan pemerintahan Malaysia. Disana kotanya sangat rapi dan bersih. Banyak bangunan megah tapi (sepertinya) tidak ada tempat hiburan kecuali hanya sebuah mall di Putrajaya Complex. By the way, kita konferensinya di Hotel Marriot Putrajaya. Gewlak, gede banget, dan pelayanan yang super. Makanannya juga super.

Kami sampai disana kemudian melakukan registrasi dan mendapatkan souvenir. Ruangannya gewlak gede banget, dan di sesi itu kami mendapat beberapa pemaparan dari keynote speaker serta icebreaking dari panitia. Disana saya bertemu teman saya pada konferensi sebelumnya di Yangon, Prof (Assoc) Dr.Haliza Abdur Rahman, M.Sc yang kebetulan panitia disana. Haha, ga nyangka tapi yaa darisitu saya mulai percaya bahwa dunia ini sempit, sepanjang kita terus berjalan, banyak orang baru yang kita temui namun tidak terlepas begitu saja.

Yaa itu sebagian dokumentasi di ruang utamanya, beberapa saat itu kami melihat poster yang sudah disiapkan (poster hasil penelitian). Lalu makan siang, dan kemudian memasuki masing2 chamber untuk melaksanakan presentasi ilmiah.
Gelapsih, ini di depan ruangan presentasinya

suasana makan makan
 Nah setelah presentasi dan dag dig dug karena berbagai pertanyaan, kami makan2. suasananya seperti gambar diatas. serasa muda? jelas! haha. Kemudian kami juga berkenalan dengan beberapa orang daan, ternyata salah satunya adalah dosen farmasi UGM! So Waw! Dosen tersebut bernama Bu Tanti, beliau kaget karena ada 4 anak ingusan dari UGM yang juga ikut mempresentasikan penelitian. (Bu Tanti --> Kerudung Biru). Setelah berbincang lama, akhirnya kami berpisah dan berakhir sudah konferensi hari ini.

Kami beranjak menuju Langit Langi Hotel di kawasan Bangi. Dekat Bandara, karena pukul 06.00 besok kami harus ke Bandara untuk pulang (mengingat beberapa praktikum dan inhal yang akan segera menyerang). Setibanya di airport ternyata jadwal penerbangan Bu Tanti samaan. Ketika itu saya menjumpai ketika beliau makan, dan yaa.. rejeki anak soleh, kami berempat ditraktir. Terima kasih banyak Ibu.. semoga kebaikannya kembali. Aamiin.

Akhirnya pukul 11.00 kami tiba di Adi Sutjipto International Airport Yogyakarta. Saya bergegas pulang dengan TJ karena pukul 15.00 ada praktikum Kimia Organik dan laporannya belum saya kerjakan, Hahahaa. Pukul 13.00 saya sampai kosan dan voila! Welcome dunia normal~

Catatan perjalanan ini hanya sebagian dari yang saya alami. Semuaaamua nya tentu berkesan, dan, pasti akan ada cerita - cerita baru lainnya :)

Beranilah mencoba, Teruslah Belajar
Baiklah... Saya tutup tulisan kali ini, sebentar lagi jadwal saya meminum obat karena beberapa hari ini saya teler. Dan, dokter memaksa saya beristirahat total. Haha.

Di meja seperti biasa, ada sedikit hiasan berbagai macam obat dari RS.Panti Rapih