environment . education . experiences | but sometimes just random post. enjoy :)

Sabtu, 28 Maret 2015

Sebuah Nasehat untuk Diri

Setelah hampir satu bulan (re : 4 minggu) gak punya akhir pekan, akhirnyaa... sekarang (menjelang UTS) masih punya hari Minggu untuk yaa review lah. hari ini ada dua agenda. intinya saya hanya punya hari minggu untuk minggu ini. *curcolmode*

Sebuah Nasehat Untuk Diri.
Ketidakpunyaan akhir pekan selama beberapa minggu ini melahirkan hikmah. saya bertemu dengan orang - orang luar biasa yang mengajari banyak hal. tentang hidup, rasa syukur, pertemanan, dan masih banyak lagi.

Saya lupa kapan jelas tanggalnya. Berbincang dengan salah seorang santri As Salam sebelum ngaji dimulai (dan pas itu yang dateng emang sedikit jadi agak nunggu lama). namanya Hafidz. sesuai namanya, anak yang baru berusia 7 tahun ini pintar sekali mengaji. bersama 8 santri yang datang pada saat itu, saya menanyakan "apa kabar sholatnya?" dan mereka dengan riangnya menjawab ada yang bolong, ada yang penuh, ada yang lain - lain. nah, Si Hafidz ini terdiam. saya menanyakan lagi, "Mas Hafidz sehari sholat berapa kali?". dengan menundukkan kepala Hafidz menjawab "enam". subhanallah! "apa saja mas?" tanyaku. "sholat lima waktu ditambah tahajjud jam tiga." jawabnya. melanjutkan perbincangan, menunggu pukul 16.15
"wah, keren sekali. siapa yang membangunkan mas Hafidz?"
"bangun sendiiri, Mbak Puput."
"setelah itu ngapain?"
"membaca Al Qur'an."

*dyyaaarr
*tepukdada
*selamainikamungapainajaFut

Seorang anak 7 tahun broohhh!!!!
ketika saya memikirkan bagaimana seorang mahasiswa (termasuk saya) yang bekerja menyelesaikan "proyeknya" entah itu tugas, laprak, penelitian dsb.. lembur sampai pagi dan "lupa" tentang Dzat Mahamemberi.
#TamparanKeras

Dari Hafidz ini, pembelajaran baru didapat. dia adalah guru yang sudah mengajarkan hal yang berharga.

beberapa hari sebelum itu, saya bertemu dengan ibu luar biasa yang melahirkan ilmuwan muda Indonesia. ibu beranak 6 yang teguh dan super sekali. beliau adalah sulung dari 10 bersaudara. pembicaraannya bijak, kisahnya mengurai motivasi. mulai dari perjuangannya merawat adik - adiknya sedari kecil hingga saat ini merawat dan menjaga 6 anaknya.

Beliau adalah ibunda Ricky Elson. sosok yang mengajarkan bahwa hidup ini harus ikhlas, apapun yang kita dapatkan, itulah pemberian-Nya. hidup ini sementara, apapun kehidupan kita didunia pasti nanti akan berujung pada kematian. Hidup ini adalah memberi, berikan yang terbaik, apapun, pada orang - orang disekitar atau pada siapapun. hidup ini adalah bagaimana kita mengambil hikmah.

Dan... kisah mengenai Bang Ricky, dimulai dari kisah masa kecilnya hingga menjadi Ilmuwan seperti sekarang ini. Beliau adalah seorang yang bahkan saya sendiri tidak bisa menguraikannya menjadi kata - kata, yang jelas, perjuangan beliau SUPER SEKALI. menjad tamparan pula ketika mengingat bahwa kita sering mengeluh ketika memiliki masalah, namun masalah bukan untuk dikeluhkan, harus dihadapi.

Kisah sederhana sehari - hari saya dengan teman saya... Intan, diskusi, walaupun terkadang kita memiliki perbedaan sudut pandang dan pemikiran yang berbeda. justru itulah yang memperkaya :

- Banyak orang didunia ini yang beragama, namun tidak berketuhanan.
saya tidak akan menjabarkan itu.

- Proporsi berdoa. sudah seimbangkah doa yang kita panjatkan? hanya untuk diri sendiri kah?

doa merupakan salah satu substansi yang penting, namun kadangkala kita terlalu egois dalam berdoa. meminta ini itu untuk diri sendiri. yaa demikian.

Akhirnya, jam sudah menunjuk pukul 5.39. pernah suatu ketika ada yang menanyakan... ALAY banget e ditulis di blog? hehe. saya menulis karena ini adalah suatu kesenangan. siapa tau suatu hari nanti bermanfaat bagi saya sendiri maupun pembaca ^_^

sebenarnya masih banyak sekali pelajaran berharga yang ingin saya tuliskan. pelajaran dari "guru" kehidupan. tapi nanti, saya akan mencoba menuliskan setelah "tetekmbengek" ini selesai.

Asrama Putri Ny.Suharti V
Pagi - pagi dengan kopi

Read More

Selasa, 17 Maret 2015

Bapak

Bapak
Seorang anak perempuan yang saat ini jauh darimu. berjalan sendirian, meniti cita - citanya meskipun engkau selalu mengatakan "kamu tak sendiri,nak. Ada Allah membersamaimu."

terkadang aku malu ketika engkau menciumku ketika mengantarku sampai gerbang sekolah. entah kenapa. taukah Pak? ketika jauh aku rindu. aku rindu pelukan hangat sayangmu. senyumanmu, bahkan aku kangen marahmu.

Bapak, anak perempuanmu ini terlalu sering berbuat salah. minta ini minta itu tanpa paham betapa keras usahamu, peluh keringat dan tetesan air matamu.

Bapak. tidak ada cinta yang nyaman selain cintamu. cinta yang mampu melindungi dan menjagaku. mendidikku hingga menjadi seperti ini. membiarkanku terbang mewujudkan harapan tanpa lepas dari kontrol peradaban.

Bapak. Tidak ada cinta yang menggantikan cintamu. Cintamu terlampau tulus. cinta yang selalu mengatakan bahwa akulah satu - satunya anak perempuan yang tercantik di dunia. versimu.
sekarang, seiring bertambahnya digit umur, engkau mulai khawatir. khawatir jika aku pergi dan tidak memberikan cintaku kepadamu. taukah? ketika anak perempuanmu ini bertambah tinggi dengan suara makin halus, disanalah kasih sayangnya pada seorang bapak terpatri. aku tidak bisa mengungkapkan apapun, Pak. hanya bisa mendoakan.

Read More

Rabu, 04 Maret 2015

Percakapan

"Ah bobrok!! apa kata bangsa ini? Ide tak layak jual!? murahan!? Edan semua!"
"sudahlah, cukup."
"Cukup untuk hal besar yang tak diapresiasi?"
"hmm..."
"Aku mau kembali kesana saja."
"Jerman?"
"Ya. karena aku disini, di tempat yang ku anggap rumah, tapi nyatanya ini hanya penjara tanpa kenal satu dengan yang lainnya."
"lantas bagaimana denganku?"
"tetaplah disini. banga ini masih membutuhkanmu,"
"berarti kau masih peduli,kan?"

Read More

Senin, 02 Maret 2015

Keluarga Baru, Sepenggal Kisah EGSA 2015

Jangan terlalu diambil hati ya, 2 kata depan judulnya :p wkwk

Keluarga baru. iyaa, kami adalah satu kesatuan keluarga mahasiswa jurusan Geografi Lingkungan atau biar lebih keren tulis aja Environmental Geography yang tergabung dalam suatu rumah bernama EGSA (Baca : Environmental Geography Student Association).

EGSA merupakan organisasi Himpunan Mahasiswa jurusan yang terdiri dari pengurus dan anggota tentunya. dan alhamdulillah saya mendapat amanah untuk menjadi salah satu pengurus di divisi Pengkajian Isu Global (katanya sih namanya kece badai, orang2nya kece, dan imut :p). selain divisi Pengkajian Isu Global, ada divisi lain seperti Penelitian dan Pendidikan, Pengabdian Lingkungan dan Masyarakat, Pengembangan Kepribadian dan Organisasi, serta Media Informasi dan Jaringan.

Pada tanggal 27 - 28 Februari kami melaksanakan sidang AD / ART disalahsatu hotel (lupa namanya -__-) di Kaliurang. dibawah lereng kepundan merapi purba. panitia pelaksanaan sidang kali ini diketuai oleh Novita GEL 2014 dan dipimpin oleh Mas Jihadduddin, Mbak Aida, dan Mbak Sintha GEL 2013.

Tanggal 27 sekitar pukul 17.00 kami berangkat dari surga kami *cielah* Fakultas Geografi UGM tercintah menuju Kaliurang. sekitar pukul 20.00 dilaksanakan Laporan pertanggungjawaban dari pengurus EGSA periode sebelumnya yang akan berakhir masa jabatan. ada Mas Rifan selaku ketua, dan kadiv lain seperti mas Garda, Mbak Dhika, Mbak Riri, Mbak Khairina (atau siapa ya lupa nama lengkapya), dan Mas Yoesep. (mas Yoesep ini kadiv Pengkajian Isu Global 2014/2015 yang juga kece badai :v)

pelaksanaan LPJ berakhir dilanjutkan sidang AD/ART sesi 1 dan berakhir pukul 00.30. beberapa diantara panitia dan pengurus sebelumnya masih ada rapat lanjutan. beberapa lagi sudah terkapar (termasuk saya), dan bebeerapa lagi ada yang berwisata kuliner menikmati sate kelinci. hihi di Kaliurang atas dingin beeuud.. pasti enak makan sate kelinci anget - anget. kapan2 sana lagi ah, dan wajib coba! hahaha *evilmode

pelaksanaan dilanjutkan pada 28 Februari 2015. kami menutup bulan Februari dengan sidang AD/ART. AD/ART seperti halnya "undang - undang" kami dalam berorganisasi. jadi kami yang menentukan mau dibawa kemana hubungan kami *salah fokus*. bukaaan, maksudnya, AD/ART ini adalah landasan yuridis kami dalam kebijakan dan pengambilan keputusan. haha. ada yang lain sih tujuannya, tapi dituliskan itu aja biar singkat.

Sidang AD/ART memang melelahkan dan membuat saya tertidur di tengah sidang. hingga (Alhamdulillah) ketukan palu terakhir menandakan sidang berakhir pada pukul 15.15 dan dilanjutkan serah terima jabatan ketua EGSA yang baru. yup, Mas Afid. sertijab kaliini diwakili oleh Mas Zulhan (ketua EGSA dua tahun diatas kita) karena mas Rifan berhalangan hadir. janji dikumandangkan dan....
WELCOME FAMILY....
EGSA 2015/2016

Dilanjutkan foto - fotoo :p

Pengkajian Isu Global Fams :))

center of point nya mas galih :v

macak kece :p


Hello Fams :)
Proud to be Environmental Geography Family
love you all mumumu :3


Read More