environment . education . experiences | but sometimes just random post. enjoy :)

Minggu, 26 Juli 2015

Istafti Qalbak!

What should I do?
Suatu ketika, pasti kita pernah merenung. Bingung mengambil keputusan atas pilihan atau kejadian yang ada didepan kita. Beralih kesana - kemari meminta pendapat orang lain, dan memikirkannya lagi. Lantas mengambil sebuah kesimpulan besar bahwa yang mengambil keputusan adalah diri kita sendiri. Pengecualiannya kalau bersikap seperti air diatas daun talas.

"Istafti Qalbak! Mintalah fatwa kepada hatimu; kebaikan adalah sesuatu yang membuat jiwa dan hati tenang, dan keburukan adalah sesuatu yang membuat jiwa gelisah dan hati bimbang." (HR. Ahmad dalam Al Daarimii)
Disini, hati menjadi tempat bertanya dikala harus memutuskan sesuatu yang penting, walaupun pada hakekatnya didalam diri kita masih terdapat proporsi rasionalitas, namun hati juga bisa mengetahui apa yang diingkari oleh pengetahuan rasional.

Hati, seperti yang kita tau, sulit ditebak. Dan tak jarng pula, sering kita "ingkari" keputusannya karena pertimbangan dari orang lain dan lain sebagainya. Semoga diri kita senantiasa dibalut dalam keimanan dan keikhlasan, pembuah dari hati yang bersih untuk fatwa pembawa kebenaran pula. aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar